Friday, 1 January 2016

Wisata Pantai Nglambor

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Meski begitu Anda tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.
Berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.
Air laut Pantai Nglambor sejukan jiwa dan raga ini.









 Deskripsi Pantai Nglambor
Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.
Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura.

 Jalan Menuju Pantai Nglambor
Kalau berangkat dari Jogja, maka kamu harus terlebih dahulu lewat jalan lingkar (ring road) timur sampai bertemu dengan perempatan jalan Wonosari. Kemudian berbeloklah ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai alun-alun Wonosari yang terletak di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan karena kamu harus berbelok ke kanan ke jalan Baron di pertigaan sebelum kantor Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal Wonosari). Ikutilah jalan tersebut sampai kamu mendapati ada kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter berikutnya akan ada pertigaan, beloklah ke arah timur (kiri) lalu ikuti terus, sampai di sini kamu tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dimana lokasi pantai Nglambor atau kecamatan Tepus desa Purwodadi.

 Jam dan Harga Tiket Masuk
Pantai Nglambor buka 24 jam, tapi yang jelas sangat tidak rekomended malam-malam datang ke sana karena tidak ada penginapan. Harga tiket masuk adalah sebesar Rp. 5.000,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik retibrusi di pos masuk pantai Siung.