Friday 1 January 2016

Wisata Gua Terindah di Dunia




Gua merupakan sebuah kejaiban alam. Gua pun telah menjadi saksi sejarah masa lampu dari masa purba hingga saat ini yang telah beralih fungsi sebagai tempat wisata dan penelitian.


Manusia dan alam memang dekat. Tak hanya warga desa, beberapa orang perkotaan pun  kerap menikmati panoramanya. Entah ke pegunungan, hutan, area sungai, dan sebagainya.
Namun bagaimana dengan gua? Tidak banyak orang pernah ke sana. Bahkan mungkin, banyak diantara kita yang tidak pernah menginjakkan kaki ke sana.
Kita hanya tahu soal stalaktit, stalagmit dan kemisteriusan gua dari sebuah tayangan atau bacaan saja.
Misteri itulah yang sering menggoda manusia untuk mengeksplornya. Walau gelap dan sedikit menakutkan, namun kita begitu penasaran, sedalam apa gua tersebut. Nah bicara soal kedalaman gua, berikut ini daftar 10 gua paling dalam yang ada di dunia:

BERIKUT ADALAH 10 GUA DI DUNIA YANG PALING TERKENAL:

1. Gua Eisriesenwelt
The Eisriesenwelt (Jerman artinya “Dunia Es Raksasa”) adalah gua es terbesar di dunia, dengan luas lebih dari 42km (26 mil). Gua berada dalam gunung Hochkogel di bagian Tennengebirge dari Pegunungan Alpen di Austria.
Eisriesenwelt dibentuk oleh sungai, yang menggerus lorong-lorong ke gunung. Formasi es di dalam gua itu terbentuk oleh pencairan salju yang dikeringkan ke dalam gua dan membeku selama musim dingin.
2. Gua Reed Flute
Reed Flute Cave dikenal sebagai “Istana Seni Alam” terletak di barat laut Guilin di China selatan. Menurut legenda, Reed Flute Cave mendapat namanya karena orang percaya bahwa buluh melalui mulut gua bisa dibuat menjadi seruling. Gua batu kapur menawarkan negeri dongeng megah stalaktit, stalagmit, pilar batu, tirai batu, burung, tanaman dan hewan dalam bentuk yang fantastis dan warna yang menakjubkan.
3. Gua Kristal “Cave of the Crystals”
Gua Kristal ditemukan pada tahun 2000 oleh para penambang menggali terowongan baru untuk Tambang Naica di Meksiko utara. Ruang utama berisi beberapa kristal alam terbesar yang pernah ditemukan di salah satu gua bawah tanah di seluruh dunia.
Kristal terbesar di gua ditemukan sampai saat ini adalah 11 meter (36 kaki) panjang, 4 meter (13 kaki) dengan diameter dan 55 ton berat. Kristal menjadi begitu besar karena suhu yang sangat panas di dalam gua, mencapai beruap 58 derajat Celsius (136 derajat Fahrenheit), yang memungkinkan kristal mikroskopis terbentuk dan tumbuh. Hasilnya adalah sebuah gua bawah tanah layaknya di Film Superman.
4. Puerto Princesa Underground Rive
Puerto Princesa Underground River terletak di hutan tertutup pegunungan di pantai utara pulau Palawan di Filipina. Sampai tahun 2007 penemuan sungai bawah tanah di Semenanjung Yucatan, Meksiko, Princesa Underground River Puerto terkenal sebagai sungai bawah tanah terpanjang di dunia dan masih sungai terpanjang dinavigasi bawah tanah. Sungai bawah tanah adalah 8,2 kilometer (5 mil) panjang yang angin melalui sebuah gua yang spektakuler sebelum bermuara ke Laut Cina Selatan.
5. Gua Waitomo
Gua Waitomo adalah salah satu atraksi wisata utama Selandia Baru, yang terletak tepat di luar kota Waitomo utama. Gua-gua bawah tanah rumah bagi Waitomo glowworms yang terkenal, makhluk kecil yang memancarkan cahaya luminescent mereka.
Glowworms ditemukan secara eksklusif di Selandia Baru dan sekitar ukuran nyamuk rata-rata. Dibentuk lebih dari 30 juta tahun yang lalu, Gua Waitomo Glowworm memiliki dekorasi gua yang megah dan hiasan, poros kapur dalam yang dikenal sebagai Tomo dan Katedral gua sama megah dikenal dengan akustik yang luar biasa.
6. Gua Majlis al Jinn
Majlis al Jinn merupakan salah satu gua bawah tanah terbesar di dunia yang terletak di daerah terpencil dari Selma Plateau di Oman. Majlis al Jinn adalah ruang gua tunggal berukuran sekitar 310 meter kali 225 meter (1.017 kaki dengan 738), dengan langit-langit berkubah 120 meter (393 kaki) tinggi.
Bagian terdalam dari gua adalah 178 meter (584 kaki) di bawah puncak. Dapat menempatkan ukuran besar dalam perspektif: 12 Boeing 747 pesawat jumbo akan cocok di dalam ruang gua. Gua ini hanya untuk pendaki berpengalaman meskipun ada beberapa rencana untuk mengembangkan Majlis al Jinn menjadi gua wisata lebih mudah diakses
7. Gua Skocjan
Skocjan adalah gua yang termasuk tertinggi di Eropa, sebuah ngarai bawah tanah besar, air terjun dan jembatan di atas jurang yang terlihat seperti sesuatu yang keluar dari The Lord of the Rings. Gua memiliki stalaktit yang indah dan struktur stalagmit.
Gua Skocjan seperti penciptaan Sungai Tenggelam Buatan. Sungai tetap pada permukaan untuk bagian pertama tapi tiba-tiba menghilang di bawah tanah, di mana ia terus jalan melalui gua. Air muncul di permukaan lagi setelah mengalir di bawah tanah selama 34 km (21 mil) tidak jauh dari pantai Adriatik
8. Gua Carlsbad
Carlsbad Caverns adalah Taman Nasional yang terletak di dekat Carlsbad, New Mexico. Carlsbad Caverns termasuk dalam gua besar, ruang gua batu kapur alami yang terukur 190 meter (4.000 kaki 625), dan 107 meter (350 kaki) pada titik tertinggi. Ini adalah ruang gua terbesar ketujuh di dunia. Gua-gua yang dihiasi dengan stalaktit, stalagmit dan luar biasa dari berbagai formasi lain yang dapat dilihat oleh beberapa jalur yang mudah diakses.
9. Jeita Grotto
Jeita Grotto terdiri dari dua bagian terpisah namun saling berhubungan sebagai gua kapur karst: gua atas dan gua bawah. Rumah-rumah galeri atas stalaktit terbesar di dunia – deposit mineral yang menggantung dari langit-langit gua batu kapur yang lebih rendah galeri yang memiliki panjang keseluruhan 6.200 meter (20.300 kaki) terletak 60 meter (200 kaki) di bawah galeri atas. Hal ini dilalui oleh sungai bawah air halus dan danau.
10. Gua Mulu
Gua Mulu terletak di Taman Nasional Gunung Mulu di daerah Kalimantan tepatnya bagian Malaysia dan merupakan salah satu atraksi wisata utama di Malaysia. Taman mencakup gua yang luar biasa dan formasi karst dalam pengaturan hutan hujan khatulistiwa pegunungan.
Tepatnya di Sarawak ditemukan salah satu gua bawah tanah berukuran 700 meter dengan 396 (2.300 kaki oleh, 1.300 kaki) dan setidaknya 70 meter (230 kaki) tinggi dan adalah ruang gua terbesar di dunia. Telah diungkapkan memiliki ruang begitu besar bisa menampung sekitar 40 Boeing 747, tanpa tumpang tindih sayap mereka. Koloni besar kelelawar Kerut berbibir di sekitar Gua Rusa keluar hampir setiap malam untuk mencari makanan dalam eksodus spektakuler.

No comments:

Post a Comment