Friday 8 January 2016

Wisata Batu Raden Purwokerto Jawa Tengah

Pancuran Pitu di Baturaden
Pesona wisata Baturaden di Banyumas, Jawa Tengah terkenal sebagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan loka wisata Baturaden terletak tepat di kaki Gunung Slamet, sebuah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini membuat keadaan udara di kawasan wisata Baturaden menjadi sangat sejuk, cenderung akan menjadi dingin di saat malam hari.

Saat Anda berada di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto dari ketinggian, juga Pulau Nusa Kambangan serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Tidak hanya itu, Anda dapat mengunjungi sejumlah spot wisata Baturaden yang menarik, di antaranya mulai dari Pancuran Pitu, Wana Wisata, Taman Bitanin hingga Teater Alam Baturaden.Dengan panorama alamnya yang indah, kawasan wisata Baturaden dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang favorit.
Taman Bitanin di Baturaden adalah taman yang memiliki sejumlah tanaman dan bunga yang tergolong langka, misalnya bunga Havana, Daun Dewa, Antarium Lipstick, Palem Paris, dan Widoro Laut.
Alamat Lokawisata Baturaden: Karangmangu, Kec. Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 
Aneka kegiatan wisata Baturaden yang menarik
Aneka kegiatan wisata Baturaden yang menarik

Spot Menarik Wisata Baturaden

Pernahkan Anda mendengar legenda rakyat dalam kisah Lutung Kasarung yang terkenal itu? Legenda Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berangkat dari keadaan di Baturaden. Inilah sebab mengapa legenda Lutung Kasarung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari profil wisata Baturaden di Jawa Tengah.

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Di areal wisata Baturaden juga terdapat tempat pemandian air panas, ini mungkin sesuatu yang Anda ingin kunjungi. Anda dapat mengunjungi Pancuran Pitu untuk menikmati air panas Baturaden. Suhu air di Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius. Mandi air panas di Baturaden diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas yang ada di sana.
Pancuran Pitu di Baturaden
Pancuran Pitu di Baturaden
Untuk keperluan terapi penyembuhan, Anda dapat mengunjungi Pancuran Telu yang berada di dalam kawasan wisata Baturaden tersebut. Jika Anda adalah warga Jakarta, Anda mungkin dapat menemukan lokasi pemandian air panas di Bogor atau mungkin air panas di Bandung.

2. Wana Wisata Baturaden

Selain pemandian air panas di Baturaden, Anda dapat mengunjungi lokasi perkemahan. Jika Anda ingin bermalam di Baturaden, Anda dapat mendirikan tenda di Wana Wisata tersebut.
Wana Wisata Baturaden merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau para sahabat. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Baturaden. Jarak ini tidaklah jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.
Wana Wisata Baturaden
Wana Wisata Baturaden
3. Telaga Sunyi
Jika Anda ingin melihat sebuah kolam sumber air murni yang ada di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat mengunjungi Telaga Sunyi.
Telaga Sunyi di Baturaden
Telaga Sunyi di Baturaden

4. Taman Kaloka Widya Mandala

Anda mungkin akan tertarik untuk datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini adalah kebun binatang di Baturaden. Terdapat sebuah museum di sana yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.
Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya Baturaden
Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Baturaden dalam sebuah rombongan keluarga atau sahabat, maka taman ini akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan.

5. Grebeg Syura

Jika Anda ingin mengetahui wisata budaya yang ada di kawasan wisata Baturaden ini, maka cobalah datang di bulan pertama dalam kalender tahun Islam. Anda akan dapat menyaksikan Grebeg Syura, sebuah acara yang telah menjadi tradisi masyarakat setempat.
Grebek Syura di Baturaden
Acara Grebek Syura di Baturaden
Juga, ada pertunjukan musik Calung, tari tradisional Lengger, pertunjukan Kuda Lumping yang beraroma mistis, serta kegiatan mengunjungi situs-situs suci, lazimnya adalah kuburan yang disebut juga sebagai kenduren oleh masyarakat di sana. Inilah salah satu pesona tempat wisata di Jawa Tengah.

6. Teater Alam Baturaden

Di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang unik. Pada sebuah teater yang merupakan pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, Anda dapat menonton tayangan-tayangan film dengan sensasi seperti sedang naik pesawat terbang. Pesawat ini berdiri tepat di samping pintu masuk Baturaden.
Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden
Tayangan film-film tersebut berisi potensi pariwisata di Banyumas serta kekayaan alam dan budaya Indonesia. Juga tersedia tayangan muatan lokal bagi siswa-siswi sekolah. Pada umumnya, setiap tayangan film berdurasi sekitar 10 menit hingga 15 menit per sesi.

No comments:

Post a Comment