Friday 1 January 2016

Wisata di Flores NTT

Flores merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata anda, Flores terdiri dari enam kabupaten, yakni Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Pulau seluas 14.300 km² ini menyimpan berbagai tempat wisata yang indah.

Setelah tahu destinasi wisata di Flores, kini waktunya berhitung. Berapa kira-kira budget yang harus disiapkan untuk liburan di Flores, mulai dari snorkling sampai bertemu komodo? Berikut rinciannya!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai Pulau Flores antara lain dengan jalur darat atau jalur udara. Jika dengan jalur udara, tersedia maskapai seperti Merpati Airlines, Lion Air, dan Garuda Indonesia yang melayani rute-rute di sini. Harga untuk tiket pulang pergi adalah sekitar Rp 2,2 juta dan untuk sekali jalan sekitar Rp 1,7 juta.


Jika ingin menekan budget sekaligus bertualang, Anda bisa mencoba jalur darat. Ada banyak sekali cara yang bisa dilalui seperti naik kereta yang kemudian dilanjutkan dengan naik bis serta kapal ferry. detikTravel, Kamis (6/10/2012) menyusun rincian perjalanan lengkap dengan semua harga akomodasi. Agar lebih mudah dan nyaman, ada baiknya Anda naik bus jurusan Jakarta-Bima yang tersedia di terminal besar di Ibukota. Bis yang melayani rute tersebut antara lain Safari Dharma Raya, Rasa Sayang dan Dunia Mas.

Harga rata-rata untuk rute tersebut adalah Rp 450 ribu. Sudah termasuk 6 kali makan prasmanan. Lamanya perjalanan dari Jakarta-Bima bisa mencapai 3,5 hari. Setelah sampai di Bima, Sumbawa, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry hingga Labuan Bajo. Waktu perjalanan menghabiskan waktu sekitar 6 jam. Harga tiket Bima-Labuan Bajo sekitar Rp 50 ribu.

Setelah 4 hari berada di jalan, akhirnya Anda sampai di Labuan Bajo. Kota pelabuhan ini merupakan awal dari petualangan Anda. Ada beberapa penginapan murah yang tersebar tidak jauh dari pelabuhan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu per malam. Untuk sekali makan di sini, akan menghabiskan sekitar Rp 20 ribu sudah termasuk minum.


dan berikut 9 delapan tempat wisata di flores yang wajib di kunjungi :


Flores merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata anda, Flores terdiri dari enam kabupaten, yakni Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Pulau seluas 14.300 km² ini menyimpan berbagai tempat wisata yang indah.

1. Danau Kelimutu


Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, danaunya memiliki tiga warna yang berbeda anda bisa melihatnya sendiri ketika mengunjungi danau ini.

2. Gua Liang Bua



Liang Bua terletak di Kabupaten Manggarai, Nusai Tenggara Timur 14 kilometer dari Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai. Di sini pernah ditemukan fosil tengkorak manusia purba yang berukuran pendek yang disebut sebagai Homo floresiensis. Di Gua Liang Bua anda hanya bisa melihat gua besar dengan batu stalagmit.

3. Labuan Bajo



Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Di labuan Bajo anda dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.

4. Taman Nasional Komodo


Siapa yang tidak kenal Taman Nasional Komodo atau Pulau Komodo, Taman Nasional ini merupakan tempat favorit para wisatawan yang mengunjungi Flores. Di pulau ini anda bisa melihat Komodo berkeliaran dari dekat, tentunya dengan pemandu wisata.

5. Pink Beach



Pernahkah anda melihat hamparan pasir pantai berwarna merah muda? tentu belum bukan? Inilah salah satu keindahan alam yang ada di Flores, Pantai merah muda ini hanya dapat ditemukan di 7 Negara yaitu Indonesia, Bermuda, Filipina, Italia, Yunani, Bahamas, Karibia.

6. Pantai Koka


Pantai Koka terletak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air lautnya yang jernih. Anda akan terkagum-kagum melihat pemandangannya yang indah, tentunya berkunjung kesini akan membuka mata anda tentang keindahan pantai-pantai di Indonesia.

7. Pulau Kanawa


Pulau Kanawa terletak 15 kilometer dari Labuan Bajo dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Pasir putih dan airnya sangat jernih sehingga anda dapat melihat keindahan karang bawah lautnya. Selain itu jika anda ingin menyelam, anda akan menemukan beberapa hewan laut yang menakjubkan seperti manta, hiu, paus dan hewan menakjubkan lainnya.

8. Danau Sano Nggoang


Danau Sano Nggoang terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Kegiatan yang bisa anda lakukan disini adalah rekreasi dengan menungang kuda keliling danau, mandi air panas, trekking.

9. Air Terjun Cunca Rami


Air Terjun Cunca Rami berjarak 30 km dari Labuan Bajo, sebelum mencapai air terjun ini anda harus menyusuri hutan Mbelling dan melakukan perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mencapainya. Jika anda berkunjung ke manggarai barat tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini.

No comments:

Post a Comment