Pantai Parangtritis merupakan pantai yang sangat terkenal dan ramai dikunjungi para wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kota Bantul berjarak kurang lebih 28 kilometer saja dari pusat kota Yogyakarta. Kecamatan Kretek merupakan lokasi di mana Pantai Parangtritis berada. Pantai ini termasuk wilayah Samudera Hindia.

Di objek Pantai Parangtritis udaranya begitu sejuk dengan pemandangan pantai yang menawan. Di sini anda bisa melihat banyak gunungan pasir pantai yang disebut dengan Gumuk. Penduduk lokal banyak menyewakan beberapa fasilitas bagi para wisatawan yang ingin berkeliling pantai dari timur ke barat seperti kuda, andong mini, dan ATV. Akomodasi-akomodasi tersebut disewakan dengan harga yang cukup terjangkau. Di pinggir pantai nikmati keindahan matahari terbenam sambil bermain pasir sambil melihat pemandangan berupa perbukitan yang ditumbuhi pepohonan rindang dan subur.

Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Parangtritis

Pantai parangtritisWisata pantai parangtritis jogjaFoto pantai parangtritis
Ombak di Pantai Parangtritis Yogyakarta cukup besar sehingga anda harus hati-hati saat berenang. Di pantai ini juga terkenal sebagai tempat olah raga aeromodeling atau olah raga udara. Saat berenang maka air laut asing dari pantai akan menyejukkan anda kembali. Di sekitaran Pantai Parangtritis terdapat banyak warung-warung makan yang menawarkan berbagai macam masakan khas daerah Yogyakarta atau Bantul. Di sini para pengunjung bisa menghabiskan waktu bersantai sambil mencicipi masakan serta makanan ringan yang sudah tentu sedap rasanya.
Terdapat suasana mistis yang lekat dengan sejarah Pantai Parangtritis, pantai ini terkenal sebagai tempat tinggal Ratu Pantai Selatan yaitu Ratu Kidul. Saat berkunjung ke tempat wisata ini dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau karena warna tersebut merupakan ciri khas dari Ratu Kidul. Penduduk lokal percaya bahwa saat kita mengenakan pakaian berwarna hijau maka Ratu Pantai Selatan bisa murka. Di pantai inipun Sultan Hamengkubuwono juga selalu menggelar upacara adat yang dikhususkan bagi Ratu Kidul pada bulan Sura. Sultan akan memberikan sesajenan (bahasa jawa) atau persembahan bagi sang Ratu. Hal ini sudah menjadi kebiasaan sebagian besar penduduk kota Yogyakarta untuk melihat sambil ikut memberikan sesajenan agar mendapatkan berkah di Pantai Parangtritis.