Tuesday, 29 December 2015

Wisata di Daerah Garut

Situ Bagendit

Anda ingin jalan-jalan di Jawa Barat dan sekitarnya tapi sudah bosan dengan wisata Bandung? Anda bisa mencoba jalan-jalan ke Tasikmalaya dan Garut. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas 10 tempat wisata di Garut yang wajib dikunjungi.
Garut adalah sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang dikelilingi oleh lima gunung sehingga sebagian besar wilayah Garut adalah daerah pegunungan, kecuali daerah di sekitar pantai yang terletak di selatan Garut. Dengan keadaan geografis seperti itu, secara otomatis Garut memiliki banyak tempat wisata menarik dan banyak dikunjungi wisatawan dari daerah-daerah di sekitarnya. Mau tahu apa saja tempat wisata di Garut yang paling terkenal? Baca ulasannya berikut ini.

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Pantai Santolo
Terletak di Kecamatan Cikelet, Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling populer. Pantai Santolo yang terletak 88 KM di selatan kota Garut merupakan tempat wisata andalan Garut yang banyak dikunjungi oleh wargaBandung. Daya tarik dan kelebihan yang dimiliki pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit
Situ Bagendit adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi. Situ Bagendit adalahtempat wisata danau yang paling terkenal di Garut karena kualitas lingkungannya yang dalam kondisi baik dan kebersihannya yang terjaga. Kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati di sini yaitu menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk, bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit, memancing, hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang. Tempat wisata di Garut ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin piknik di tepi danau.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling terkenal. Ciri khas dari Pantai Rancabuaya adalah ombaknya yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan batu karangnya yang banyak dan juga besar. Kedua hal tersebut menyebabkan beberapa ikan terperangkap di antara batu-batu karang, cukup unik dan menarik untuk dilihat. Keunikan lain dari Pantai Rancabuaya adalah adanya sebuah air terjun yang langsung menghadap ke lautan, mirip denganpantai di Pacitan.

4. Curug Orok

Curug Orok
Curug Orok
Curug Orok adalah sebuah tempat wisata di Garut yang berupa air terjun. Berlokasi di Desa Cikandang, Curug Orok adalah tempat wisata air terjun di Garut yang paling terkenal. Nama Curug Orok berasal dari cerita masyarakat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut. Curug Orok memiliki ketinggian sektiar 45 meter dan banyak dikunjungi wisatawan dari kota Garut, Bogor, Bandung, danJakarta. Harga tiket masuk Curug Orok adalah 10,000 Rupiah per orang.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan adalah gunung api yang lumayan terkenal bagi warga Jawa Barat, terutama Bandung dan Garut. Terletak di Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan hanya berjarak 70 KM dari kota Bandung sehingga banyak warga Bandung yang pergi berwisata ke Gunung Papandayan. Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu banyak juga pecinta alam yang datang mendaki Gunung Papandayan untuk melihat keindahan panorama matahari terbit dari gunung ini. Apabila Anda ingin mendaki Gunung Papandayan, jangan lupa membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin.

6. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah yang berlokasi di Desa Sagara termasuk pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Keunggulan dari Pantai Cijeruk Indah adalah pantai ini tidak ramai, bersih, alami, dan mempunyai air yang sangat jernih. Dalam perjalanan ke Pantai Cijeruk Indah, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa perkebunan karet yang tertata rapi, lengkap dengan hewan-hewan ternak seperti sapi yang digembalakan di kebun karet tersebut.

7. Air Panas Cipanas

Air Panas Cipanas
Air Panas Cipanas
Cipanas adalah nama daerah di Garut yang terkenal dengan permandian air panas alaminya. Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung. Dalam perjalanan mencapai Air Panas Cipanas, Anda akan melewati pegunungan dengan hamparan sawah yang hijau dan indah. Air Panas Cipanas banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak setiap harinya karena Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.

8. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje adalah pantai yang berlokasi di Kecamatan Cibalong, Garut. Pantai Karang Paranje memiliki keunikan berupa adanya gugusan karang di sepanjang pantainya. Di pantai seluas kurang lebih 9 hektar ini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Karena belum tersentuh berbagai jenis pembangunan, Pantai Karang Paranje mempunyai tingkat kebisingan rendah, pandangan yang luas, tidak ada pencemaran, lingkungan yang asri, dan suasana yang damai dan tenang.

9. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha
Terletak di Garut Selatan, Pantai Puncak Guha adalah sebuah tempat wisata di Garut yang bebas dari pedagang yang mengganggu pemandangan. Pantai Puncak Guha menawarkan keindahan panorama pantai yang dilihat dari atas tebing. Di bawah tebing itu Anda dapat melihat ratusan kelelawar. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah bekal makanan dan minumanyang cukup karena jarang ada pedagang di Pantai Puncak Guha.

10. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang
Candi Cangkuang yang berlokasi di Kecamatan Leles adalah sebuah tempat wisata di Garut yang sering dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, hingga Cirebon. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk dapat mencapai Candi Cangkuang, Anda harus menaiki rakit untuk menyeberangi danau dengan biaya 2,000 Rupiah.
5.00/5 (100.00%) 25votes