Tuesday, 29 December 2015

Wisata Citumang Pangandaran

Citumang

Citumang merupakan objek wisata yang terdapat di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Keindahan Citumang merupakan keindahan alam yang alami, memiliki aliran sungai mengalir jernih dan berwarna kebiruan. Lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat, atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.
Saat Anda berjalan di antara tebing tinggi, suara sungai mulai terdengar. Ketika Anda melewati tebing ini, keindahan sungai yang menakjubkan akan terkuak. Air jernih yang berwarna biru perlahan mengundang Anda untuk melompat kedalam sungai. Ketika Anda berjalan lebih ke hulu, Anda akan menemukan sebuah air terjun yang ditemani oleh pohon besar yang akarnya menjuntai. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk bermain dengan adrenalin Anda. Bagi Anda penggemar petualangan seru dan penuh tantangan, objek wisata Citumang mungkin bisa menjadi pilihan. Keunikan dari Citumang adalah adanya aliran hulu sungai yang keluar dari sebuah goa yang jatuh membentuk curug (air terjun). Namun di balik curug tersebut terdapat sebuah goa lain yang cukup panjang dan  berada persis di bawah permukaan sungai yang berada di atasnya. Sedangkan sumber airnya sama, yaitu berasal dari goa yang berada di hulu.
Rute perjalanan menyusuri aliran Air Citumang akan mengawali petualangan Anda, dengan kondisi alam yang masih alami dengan airnya yang sangat jernih, membuat petualangan di sini berbeda dengan objek wisata yang lainnya. Para pengunjung juga akan diajak untuk menerobos goa-goa karang dan akar pohon besar serta bebatuan yang unik sampai ke air terjun yang di dalamnya terdapat goa. Aktifitas yang dapat dilakukan antara lain berenang dan panjat tebing.
Ketika Anda berjalan lebih jauh mengikuti aliran air, Anda akan menemukan sebuah keajaiban alam yang langka. Air sungai masuk kedalam tanah dan muncul kembali di hilir sungai seperti sistem ledeng. Tempat ini terletak di ujung gua yang disebut gua Taringgul, dan aliran sungai di bawah tanah ini disebut "Sanghyang Tikoro" atau diterjemahkan sebagai tenggorokan Allah.
Sungai Citumang merupakan tempat yang sempurna untuk membawa anak-anak dan keluarga Anda. Di sini, Anda dapat mengajari mereka nilai-nilai tentang alam, pentingnya lingkungan, dan tempat di mana waktu yang berkualitas tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi juga dengan lingkungan. Jika kesibukan kota membuat hari-hari Anda tertekan, cobalah benamkan kepala Anda ke dalam air pegunungan yang jenir dan sejuk. Tutup mata Anda dan biarkan perasaan tertekan Anda mengalir dengan air ke hilir. Perjalanan ke sungai Citumang sangat menyenangkan dan bermanfaat, jadi ketika Anda di sana, gunakan waktu Anda untuk bersenang-senang dan menyegarkan tubuh, jiwa dan pikiran.Beberapa keindahan dari Citumang:







Tips:
  1. Waktu terbaik untuk mengunjungi sungai Citumang adalah selama musim kamarau (Juni-September), pada musim hujan langit sedikit mendung dan jalan sedikit licin.
  2. Sungai Citumang sangat direkomendasikan bagi para fotografer alam.

Tarif Biaya Masuk Objek Wisata Alam Citumang :

1. KTM (Kartu Tanda Masuk) Wisnu      : Rp.10.000,00
2. KTM (Kartu Tanda Masuk) Wisman    : Rp.15.000,00
3. Camping/Hari/Orang                            : Rp.10.000,00
4. Shooting Film/Hari                               : Rp.300.000,00
5. Sewa Lokasi Outbound                        : Rp.500.000,00
6. Pra Wedding Fotograph/Hari                : Rp.100.000,00
7. Lain-lain:
    a. Matras (TikarSpoon)         : Rp. 5.000,00
    b. Tenda (Isi 6 Orang)/hari     : Rp. 50.000,00
    c. Pelampung                         : Rp. 10.000,00