Wednesday, 30 December 2015

Wisata di Bantul Yogyakarta

12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer, Tempat Wisata Terindah - Ah, kalau bicara  tentang wisata di Provinsi Yogyakarta maka dijamin tak akan ada habisnya. Provinsi Yogyakarta memang diberkahi dengan pemandangan alam yang indah serta berbagai macam kebudayaan yang sangat menarik untuk dinikmati. Hal itu menjadikan sektor pariwisata menjadi salah satu penyokong sumber pendapatan asli daerah. Kondisi ini juga didukung dengan banyaknya biro perjalanan yang menawarkan berbagai macam paket wisata di Yogyakarta serta ketersediaan hotel dengan berbagai macam tarif. Salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten ini juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kami akan membahas daftar tempat wisata di Bantul Yogyakarta dalam artikel ini, dimana kami hanya akan memilih 12 lokasi yang akan kita bahas. Selebihnya hanya akan kita tampilkan namanya saja. Seperti kami sampaikan diatas bahwa di Yogyakarta ini banyak sekali tempat wisata yang sangat diminati wisatawan, termasuk yang berada di Kabupaten Bantul. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer.

1. Pantai Parangtritis

Bicara tentang Wisata Bantul, maka yang tak dapat dilewatkana dalah tempat wisata berupa pantai yang pastiya sangat menarik. Ada beberapa pantai indah yang ada di Bantul. Perlu diketahui bahwa sebelah selatan Kabupaten Bantul berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ada beberapa lokasi wisata pantai dengan pemandangan yang indah. Namun harap berhati-hati, karena pantai-pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Bahkan beberapa kali sempat menelan korban jiwa. Pantai-pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi ritual tertentu oleh pihak Keraton Yogyakarta.
Pantai Parangtritis adalah tempat wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang sangat populer. Pantai ini terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis menawarkan keindahan wisata berupa hamparan pantai dengan pasir putih yang sangat luas. Di beberapa lokasi terdapat gumuk pasir yang sangat indah. Di tempat ini pada malam satu Suro diadakan ritual khusus menyambut tahun baru Islam yang diadakan Keraton Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumomerupakan obyek wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo juga merupakan obyek wisata yang menarik di Bantul. Selain karena keindahan pemandangannya, Pantai Parangkusumo juga diminati karena faktor mistisnya. Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu CInta, Konon katanya diatas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu Mataram untuk menjadikannya kerajaan yang disegani di Tanah jawa. Oleh karena itu banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk bermeditasi, bersemedi, melakukan ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di Bantul yang cukup unik adalah Pemandian Air Panas Parang Wedang. Dikatakan unik karena pemandian air panas ini tidak terdapat di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas, namun lokasinya terbilang dekat dengan pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis.Di pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 m dan beberapa kamar mandi air hangat untuk para pengunjung.

4. Pantai Samas

Tempat wisata pantai di Bantul selanjutnya adalahPantai Samas. Pantai ini terletak di Kecamatan Senden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasi Pantai Samas adalah berjarak 25 km ke arah selatan Kota Yogyakarta. Di Pantai Samas terdpat mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan. Bagi pecinta fotografi, nampaknya tempat ini dapat dieksplore lebih lanjut sebagai bahan obyek fotografi anda.




5. Kids Fun

Selain terdapat wisata alam berupa pantai yang indah, Kabupaten Bantul juga terdapat wisata keluarga berupa taman bermain bagi anak-anak kita yaitu Kids Fun. Kids Fun terdapat di Jalan Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati seperti Bumper Car, Gokart, Kolam Renang, Flying Fox, Swinger dan lain sebagainya.




6. Balong Waterpark

Selain Kids Fun, Bantul juga terdapat taman bermain bagi anak, yaitu Balong Waterpark. Nah kalau tempat wisata ini berupa wisata permainan air yang sangat digemari oleh anak-anak. Balong Waterpark terletak di  sebelah timur Kota Yogyakarta tepatnya berada di Jalan Pleret Km 1,5, Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini terdapat berbagai macam permainan air yang disediakan, termasuk diantaranya adalah seluncuran air dengan tinggi 12 meter dan 9 meter, selain itu juga tersedia seluncuran khusus keluarga atau family slide yang berukuran cukup lebar.

7. Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)

Taman Wisata Tirta Tamansari di Bantul atau Waterbuur Bantul ini merupakan tempat wisata keluarga di Bantul yang menyediakan kolam renang dan juga fasilitas outbound. Lokasi Taman Wisata Tirta Tamansari berada di Jalan Wijaya Kusuma No. 180, Niten, Trirenggo Bantul, Yogyakarta. Jika anda dari Masjid agung Bantul terus saja berjalan ke arah timur. Harga tiket masuk di Taman Wisata Tirta Tamansari  cukup murah yaitu hanya Rp. 7000 dan buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB. Destinasi wisata di Bantul ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

8. Goa Selarong

Goa Selarong merupakan tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini sering digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, dan kemudian digunakan sebagai markas perang gerilya melayan Hindia Belanda. Goa Selarong terdapat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Banyak orang yang berkunjung ke Goa Selarong ini, karena ingin mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda. Selain terdapat Goa yang bersejarah di tempat ini juga sudah dibangun bumi perkemahan.

9. Makam Imogiri Yogyakarta

Makam Imogirimerupakan tempat pemakaman Raja-Raja dan keluarga raja Kasultanan Mataram. Makam ini oleh penduduk Bantul dianggap keramat. Pemakaman Imogiri memiliki beberapa nama lain yaitu Pasarean Imogiri dan Pajimatan Girirejo Imogiri. Menurut sejarah, Pemakaman Imogiri ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632. Lokasi pemakaman Imogiri ini berada di atas perbukitan yang masih dalam gugusan Pegunungan Seribu dan beralamat di usun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Imogiri merupakan salah satu wisata religi di Bantul yang cukup diminati. Apabila anda berkunjung disini, anda dapat membeli buku cecil yang berisi tentang Sejarah makam Imogiri termasuk nama-nama Raja yang dimakamkan di Pemakaman Imogiri ini.

10. Masjid Kotagede Yogyakarta

Destinasi wisata lainnya yang dapat anda jadikan pertimbangan adalah wusata sejarah berupa Masjid Kotagede Yogyakarta. Masjid Agung Kotagede ini merupkan bangunan yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Bangunan Masjid ini merupakan Masjid tertua di Yogyakarta dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Agung pada tahun 1640-an. Di Masjid Kotagede ini banyak ditemui benda-benda bersejarah yang berusia ratusan tahun, diantaranya adalah bedug yang usianya sudah ratusan tahun, serta tembok berperekat air aren.

11.  Goa Cerme

Goa Cerme merupakan tempat wisata berupa Goa di Kabupaten Bantul yang memiliki pemandangan berupa stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Goa ini berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa Cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km serta berujung di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.


12. Pantai Goa Cemara

Pantai di Kabupaten Bantul lainnya adalah Pantai Goa Cemara. Pantai ini sebenarnya memiliki pemandangan yang indah, meskipun masih kalah populer dibandung dengan Pantai Parangtritis dan juga Pantai Samas. Nama Pantai ini Pantai Goa Cemara diambil karena di jalan masuk pantai ini terdapat banyak pohon cemara yang berjejer sehingga membentuk seperti goa. Lokasi Pantai Goa Cemara terdapat di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Paling Populer. Selain 12 tempat wisata diatas, Kabupaten Bantul juga terdapat tempat wisata lain yang juga sangat menarik. Di bawah ini akan kami tampilkan daftar tempat wisata di Bantul secara lengkap.

Potensi Wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta


Wisata Alam berupa Pantai di Bantul   
1. pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
2. pantai Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
3. pantai Depok di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek
4. pantai Samas di Desa Srigading, Kecamatan Sanden;
5. pantai Patehan di Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden;
6. pantai Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
7. pantai Kuwaru di Desa Poncosari, Kecamatan, Srandakan.

Wisata Alam berupa Pegunungan dan Hutan di Bantul :    
1. pegunungan Hargodumilah di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
2. Tugu Pandang Nganjir di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
3. hutan Wanagama di desa Mangunan Kecamatan Dlingo;

Wisata Alam berupa Gua di Bantul :

1. goa Gajah di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
2. goa Cerme di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;
3. goa Jepang di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
4. goa Sunan Mas (Surocolo) di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
5. goa Nogobumi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
6. goa Payaman di Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu;
7. goa Lawa di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;

Agrowisata Bantul
1. Pabrik Gula (PG) Madukismo di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan;
2. AGROWISATA, ARGOREJO, Sedayu, Bantul.

Wisata Religi/Ziarah di Kabupaten Bantul

1. Makam Raja-raja Mataram di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
2. Makam Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
3. Makam Sunan Cirebon di Desa Wukirsasi Kecamatan Imogiri;
4. Makam Sewu di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak;
5. Makam Seniman di Dusun Karang Kulon, Kecamatan Imogiri;
6. Makam Pahlawan di Desa Patalan Kecamatan Jetis;
7. Makam Syeh Belabelu di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
8. Makam Syeh Maulana Maghribi di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
9. Makam Pangeran Pekik di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
10. Makam P. Pekik, di Dusun Banyu sumurup, Girirejo, Imogiri;
11. Makam Sunan Geseng di Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan;
12. Makam Dipokusumo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
13. Makam Selohening di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
14. Makam Barat Ketigo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
15. Petilasan Goa Selarong di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan;
16. Petilasan Ki Ageng Mangir di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan;
17. Petilasan Pandansari di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
18. Petilasan Pandan Payung di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
19. Petilasan dan ziarah Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
20. Petilasan dan ziarah Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
21. Petilasan Ambarbinangun di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan;
22. Sendang Kasihan di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;
23. Sendang Semanggi di Kasongan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan;
24. Sumber Air Bengkung di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
25. Sumur Bandung di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
26. Sendang Manikmoyo di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan; dan lain-lain.

Monumen Bersejarah di Bantul
1. Monumen Segoroyoso, di Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret;
2. Monumen Bibis di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
3. Monumen TNI-AU Ngoto di Desa Tamanan Kecamatan Banguntapan;
4. Monumen Brimob di Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu;
5. Monumen KB/APSARI di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
6. Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
7. Monomen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Srimartani Kecamatan Piyungan;

Wisata Seni dan Budaya Bantul
1. museum wayang kekayon di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan;
2. museum batik di Dusun Ketandan Tengah, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri
3. Padepokan seni Bagong Kusudiharjo di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;

Situs Bersejarah Kabupaten Bantul
1. situs Kraton Kerto di Desa Pleret Kecamatan Pleret;
2. situs Watu Wedhok di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri;
3. situs Batu Songkamal di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
4. situs Watu Lindung di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
5. situs Payak di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
6. situs Pleret di Kecamatan Pleret;
7. situs Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
8. situs Watu Cantheng di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
9. situs Watu Gilang di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
10. situs Segoroyoso di Desa Segoroyoso Kecamatan Pleret;
11. situs watugilang di Desa Gilangjharjo, Kecamatan Pandak;
12. situs candi Ganjuran di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro;

Obyek Wisata Buatan di Bantul
a. pemandian Parangwedang di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
b. kolam renang Parangtritis di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
c. kolam renang Tirtotamansari di Desa Trirenggo Kecamatan Bantul;
d. Kid Fun Park di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
e. Bendung Tegal di Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri
f. Balong Waterpark di Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan
g. Grand Puri Waterpark di Gabusan, Kecamatan Sewon