Tuesday, 29 December 2015

Pantai di Jawa Barat dan Banten

Destinasi wisata pantai adalah salah satu tujuan yang favorit di kalangan para penikmat perjalanan, baik domestik maupun mancanegara. Di pantai, Anda dapat melakukan banyak kegiatan wisata yang menarik dan menyenangkan, seperti bermain di pasirnya yang lembut, berenang, tempat mencari kedamaian dan inspirasi, hingga melakukan kegiatan fotografi.

Pantai di Jawa Barat
Beberapa pantai di Jawa Barat, sebut saja misalnya Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, hingga Pantai Santolo adalah sebagian kecil dari sekian banyak wisata bahari di Jawa Barat. Hal ini tak lepas dari kondisi geografis Indonesia dimana ⅔ wilayahnya adalah lautan.
Berikut ini adalah sejumlah wisata pantai di Jawa Barat yang paling populer. Masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri di mata para wisatawan.

1. Pantai Pangandaran

Pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa ini terletak diKabupaten Pangandaran, tepatnya di Desa Pananjung, Jawa Barat. Sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa, Pantai Pangandaran memiliki banyak keistimewaan, misalnya keindahan sunrise dan sunset pada hari dan titik yang sama. Pantai ini terbilang cukup landai dengan jeda waktu pasang dan surut yang relatif lama sehingga memungkinkan Anda untuk berenang dengan aman.
Akses ke lokasi juga sangat mudah karena jalanan telah beraspal dengan penerangan lampu di malam hari yang cukup memadai. Anda dapat menikmati taman laut serta ikan-ikan dan biota laut yang hidup secara alami di sana. Atau, melakukan seru-seruan menelusuri Goa Jepang peninggalan Perang Dunia II.
Sunset indah di Pantai Pangandaran
Sunset indah di Pantai Pangandaran via rosinaroci.wordpress.com
Banyak event menarik di Pantai Pangandaran, seperti Hajat Laut yang diselenggarakan setiap bulan Muharam. Hajat Laut yang merupakan simbol perwujudan rasa syukur para nelayan atas hasil laut ini biasanya diadakan di Pantai Timur Pangandaran. Selain Hajat Laut atau Larung Sesajen, di Pantai Pangandaran sering diadakan festival layang-layang (Pangandaran International Kite Festival). Kegiatan tahunan ini biasanya diselenggarakan antara bulan Juni dan Juli serta diikuti peserta dari dalam dan luar negeri.

2. Pantai Batu Karas

Pantai ini juga masih merupakan bagian dari Kabupaten Pangandaran, tepatnya di Desa Batukaras, Jawa Barat atau berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota Pangandaran. Seperti halnya Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas cukup landai dan memiliki ombak yang tenang.
Karena karakter ombak yang bersahabat, Anda bebas melakukan olahraga air di sini. Mulai dari berenang, diving, snorkeling, dan surfing (di titik-titik tertentu). Bahkan, pantai ini juga menjadi salah satu tempat yang disukai banyak surfer dari luar negeri.
Aktivitas wisatawan di Pantai Batu Karas, Pangandaran
Aktivitas wisatawan di Pantai Batu Karas, Pangandaran via enjoybackpacker.wordpress.com
Pantai Batu Karas sesungguhnya adalah perpaduan nuansa alam obyek wisata Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Selain menawarkan keindahan alam yang eksotis, Anda bisa melakukan serangkaian kegiatan, seperti olahraga air dan berkemah.
Sarana akomodasi tersedia lengkap di sekitar pantai Jawa Barat yang satu ini. Hal ini mengingat pengelolaan pantai ini ditangani langsung oleh Dinas Pariwisata daerah setempat. Ada juga Pondok Wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan mushola. Fasilitas lain di kawasan ini, meliputi hotel, Camping Ground, Tempat Pelelangan Ikan, hingga persewaan papan selancar dan ban renang.

3. Pantai Santolo

Wisata pantai di Jawa Barat berikutnya adalah Pantai Santolo. Pantai ini terletak diGarut, tepatnya di Kecamatan Cikelet. atau sekitar 88 kilometer ke arah Selatan dari pusat kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Pantai santolo tidak hanya terkenal di daerah Garut, namun banyak masyarakat Jawa Barat yang mengetahui keindahannya.
Pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis dengan hamparan pasir putih yang luas. Anda bisa menikmati panorama pantai dan biota laut di Pantai Santolo. Atau, menyewa perahu untuk mendekati ombak pantai yang cukup menantang.
Sunset di Pantai Santolo, Garut
Sunset di Pantai Santolo, Garut via nytraveler.net
Dahulu, Pantai Santolo merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional. Karena potensi wisatanya yang tinggi, lalu dikembangkan menjadi destinasi wisata pantai di Jawa Barat. Hingga sekarang, Pantai Santolo juga menjadi lokasi untuk berbagai kegiatan nelayan atau sebagai pelabuhan kapal ikan di kawasan Pameungpeuk, Garut.
Sejumlah fasilitas umum sudah tersedia di sekitar Pantai Santolo. Beberapa penginapan dan losmen siap menampung para penikmat perjalanan yang ingin berlibur lebih lama di sana. Tak jauh dari pantai, juga terdapat deretan kios yang menjual berbagai macam cinderamata yang terbuat dari benda-benda laut.

4. Pantai Pelabuhan Ratu

Masih di Jawa Barat, Pantai Pelabuhan Ratu merupakan obyek wisata populer yang terletak di pesisir Samudera Hindia. Secara administratif, pantai ini masuk dalam wilayah Sukabumi dan berjarak sekitar 60 k m ke arah Selatan dari pusat kota Sukabumi.
Dilihat dari topografinya, Pantai Pelabuhan Ratu adalah perpaduan pantai landai dan curam, tebing karang yang terjal, hempasan ombak yang kuat, serta hutan yang merupakan pusat cagar alam. Pantai ini terkenal memiliki ombak yang sangat kuat sehingga sangat berbahaya untuk kegiatan berenang atau diving.
Suasana sunset di Pantai Pelabuhan Ratu
Suasana sunset di Pantai Pelabuhan Ratu via koranfoto.com
Di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, juga terdapat beberapa objek wisata lain yang menarik, seperti Pantai Cibareno, Pantai Cimaja, Pantai Cibangban, Citepus, Tenjo Resmi, Break water, dan Kebon Kelapa. Selain hotel berbintang dan penginapan, Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi telah memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, masjid, mushola, layanan pos dan telekomunikasi, money changer, taman bermain anak, penyelamat pantai (SAR), warung makan dan restoran.

5. Pantai Rancabuaya

Di kawasan Garut, Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai di Jawa Barat yang populer. Lokasi pantai ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Rancabuaya memiliki ciri khas batuan karang besar, tebing tinggi, dan air terjun (curug). Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Sering terdapat ikan-ikan kecil yang terperangkap karang laut akibat terbawa ombak.
Pesona Pantai Rancabuaya di Garut
Pesona Pantai Rancabuaya di Garut via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id
Pantai Rancabuaya memiliki karakter pantai berbatu karang, oleh karenanya tidak cocok bagi kegiatan berenang atau olahraga air lainnya. Sebaliknya, Pantai Rancabuaya termasuk dalam kategori pantai pelabuhan sehingga lebih cocok sebagai tempat pelelangan ikan. Anda bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang baru pulang melaut di pantai ini.
Kondisi jalan ke lokasi pantai terbilang cukup mulus, bahkan hingga kini pembangunan infrastruktur terus dilakukan. Pantai Rancabuaya juga telah memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai, seperti area parkir yang luas, tempat lesehan, penginapan dan villa. Di kawasan pantai ini juga terdapat saung-saung yang bisa Anda sewa untuk bersantai bersama keluarga.

6. Pantai Kejawanan

Beralih ke Kabupaten Cirebon, ada Pantai Kejawanan yang menarik. Selain difungsikan sebagai obyek wisata pantai, Pantai Kejawanan juga merupakan tempat pengolahan ikan dan juga tempat wisata terapi. Lokasi pantai ini berada dekat dengan Pelabuhan Cirebon, juga dekat dengan objek wisata Ade Irma Traffic Garden Cirebon.
Berbeda dengan pantai-pantai lain di Jawa Barat, biaya masuk ke pantai Kejawanan tidak dipungut bayaran. Kecuali jika Anda menggunakan kendaraan baik mobil atau sepeda motor, hanya akan dikenai biaya tiket masuk Rp 1.000 saja.
Senja di Pantai Kejawanan, Cirebon
Senja di Pantai Kejawanan, Cirebon via vittorent.blogspot.co.id
Pantai Kejawanan juga memiliki pesona sunrise yang menawan. Spot sunrise yang paling menarik adalah di tengah-tengah pantai. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berkeliling pantai dengan menyewa perahu motor milik nelayan dengan tarif hanya 5 ribu rupiah. Karakter pantai yang landai membuat ombak di Pantai Kejawanan ini cukup tenang. Tentu saja ini disukai banyak wisatawan untuk bermain-main air laut dan berenang.

7. Pantai Tanjung Layar

Pantai yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak – Banten ini adalah salah satu pantai di bagian barat Pulau Jawa yang menawan. Pantai Tanjung Layar berjarak sekitar 10 hingga 15 menit dengan berjalan kaki dari penginapan yang paling dekat dengan pantai tersebut. Inilah pantai yang menjadi ikon wisata Desa Sawarna di Kecamatan Bayah.
Pantai Tanjung Layar di Sawarna, Banten
Pantai Tanjung Layar di Sawarna, Banten via dunkyduy.wordpress.com
Perlu diketahui, Sawarna adalah salah satu destinasi wisata favorit di Banten dengan sejumlah objek wisata yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Desa ini memiliki pesona wisata yang disukai, seperti laut, gunung, dan persawahannya. Selain Tanjung Layar, Desa Sawarna juga memiliki Pantai Ciantir dengan pasir pantai yang terbentang luas dan teksturnya lembut.
Pantai Tanjung Layar memiliki panorama sunset yang indah. Inilah sebab pantai ini terbilang favorit di kalangan pecinta fotografi. Anda akan menyaksikan banyak sekali karang-karang indah hasil pahatan alam di pantai ini. Sebagaimana namanya, terlihat pula dua karang berbentuk layar yang menjadi ciri utama pantai Jawa Barat yang satu ini. Kegiatan berselancar (surfing) juga kadang dilakoni para surfer di Pantai Tanjung Layar.

8. Pantai di Pulau Peucang

Pantai yang berada di Pulau Peucang, Kabupaten Pandeglang, Banten ini adalah satu pantai di Jawa Barat yang menawan. Pantai ini adalah bagian integral dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dengan karakter pasir pantai yang putih dan bersih. Air lautnya sungguh jernih, laksana suguhan alam yang menawan.
Pantai di Pulau Peucang, Banten
Pantai di Pulau Peucang, Banten via idtempatwisata.com
Umumnya, kunjungan wisatawan ke Pulau Peucang dilakukan secara rombongan. Hal ini mengingat biaya yang harus ditanggung terbilang cukup besar bila berwisata secara individual. Tetapi jika rencana keuangan Anda memungkinkan, pantai di Pulau Peucang mampu memberi Anda pengalaman wisata bahari yang mengagumkan. Kawasan pulau ini terbilang sepi, sungguh tepat bagi Anda yang mencari kedamaian. Anda akan sering menjumpai kawanan srusa hingga monyet di pulau ini.

9. Pantai di Ujung Genteng

Dearah Ujung Genteng di Sukabumi menawarkan keindahan pantai Laut Selatan yang alami dan menawan. Di Ujung Genteng, terdapat sejumlah pantai favorit yang dapat Anda nikmati, seperti Pantai Ombak Tujuh yang disukai kalangan surfer, atau juga Pantai Cibuaya yang sangat tenang dan cocok untuk bermain air laut atau sekedar bersantai hingga menikmati sunset.
Pesona sunset di kawasan Batu Puter Ujung Genteng
Pesona sunset di kawasan Batu Puter Ujung Genteng via kaskus.co.id
Selain itu, Anda juga dapat pergi ke Pantai Pangumbahan untuk menikmati panorama indah serta hamparan pasir yang putih halus sepanjang radius 1 km. Di Pantai Pangumbahan ini, penangkaran penyu hijau tetap dipertahankan. Anda dapat menyaksikan penyu-penyu bertelur di sana. Kawasan wisata Ujung Genteng adalah pula salah satu destinasi pantai di Jawa Barat yang populer di kalangan wisatawan.

10. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti berjarak sekitar 143 km arah Selatan dari pusat kota Cianjur, berada di sekitar perbatasan antara Cianjur dan Garut. Dari Pantai Rancabuaya, Pantai Jayanti dapat ditempuh sekitar 25 menit perjalanan, atau 50 menit dari Pantai Santolo.
Menikmati suasana damai di Pantai Jayanti, Cianjur
Menikmati suasana damai di Pantai Jayanti, Cianjur via reswaraku.blogspot.co.id
Pantai di Jawa Barat yang satu ini terbilang masih asri dan mempesona. Saat tiba di pantai Jayanti, Anda dapat menyaksikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) hingga kios-kios jajanan dan warung makanan di sekitar pantai.
Jika Anda menginginkan suasana pantai yang sejuk dan tenang, pantai ini dapat mejadi pilihan menarik. Panorama sunset di Pantai Jayanti juga terbilang menawan bagi Anda yang ingin menikmatinya. Tak kalah menarik, menikmati santapan ikan bakar hasil tangkapan para nelayan adalah satu hal yang tak boleh dilewatkan begitu saja di pantai ini.